Secara resmi! Anak Usaha Emtek ambil alih 51% saham CASS, itu nilainya

Secara resmi!  Anak Usaha Emtek ambil alih 51% saham CASS, itu nilainya


Jakarta, CNBC Indonesia – Emiten konglomerat global PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) melalui anak usahanya PT Roket Cipta Sentosa (PT RCS) telah menyelesaikan pengambilalihan perusahaan induk pendukung pelayanan bandara, PT Cardig Aero Services Tbk. (CASS), pada tanggal 25 April 2024.

RCS membeli 1.064.344.500 saham CASS dari PT Cardig Asset Management, PT Dinamika Raya Swarn, dan Cemerlang Pte Ltd yang merupakan 51% dari seluruh saham. Mengutip keterbukaan informasi, pembelian tersebut dilakukan melalui negosiasi di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Total harga pembelian saham tersebut adalah Rp 872.762.490.000 dan harga pembelian per saham adalah Rp 820. Penyelesaian ini mengakibatkan perubahan kendali langsung dalam CASS. Kemudian juga mengakibatkan perubahan pengendalian secara tidak langsung di unit bisnis CASS, PT Jasa Angkasa Semesta Tbk. (JASS).

“Transaksi pengambilalihan ini dilakukan dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk Peraturan Dinas Keuangan Nomor 9/POJK.04/2018 tentang Pengambilalihan Perusahaan Terbuka,” kata Sekretaris EMTK Titi Maria Rusli dalam keterangan BEI yang dikutip, Jumat. (26/04/2024).

Transaksi ini akan mengurangi saldo kas EMTK ditambah arus kas keluar atas pembelian saham yang dijual dalam penawaran wajib PT CASS (sehubungan dengan perubahan kendali langsung di PT CASS). Begitu pula dengan penawaran wajib PT JASS (sehubungan dengan perubahan kendali tidak langsung di lingkungan PT JASS).

Di sisi lain, transaksi ini akan menambah saldo investasi jangka panjang EMTK sejumlah tertentu, sehingga kondisi keuangan perseroan dalam hal ini jumlah aset tidak akan mengalami perubahan signifikan.

READ  Konsultasi Manajemen Risiko Di Makassar Sukses

[Gambas:Video CNBC]

Artikel lain

Raksasa investasi Inggris Gemcorp mencaplok perusahaan internet Indonesia

(ay/ayh)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *