Warga Tangerang Keren mengolah kulit jagung menjadi kerajinan wayang

TANGERANGNEWS.com- Wayang merupakan budaya asli Indonesia yang biasanya terbuat dari kulit binatang atau kayu. Namun apa jadinya jika wayang dibuat dengan menggunakan kulit jagung.

Seperti yang dilakukan warga Tangerang bernama Esih Sukaesih. Ia kreatif membuat boneka kulit jagung.

“Awalnya saya juga membuat bros, kemudian mendapat saran untuk sesuatu yang baru. Akhirnya terpikir untuk membuat kreasi wayang ini,” ujarnya, Jumat, 26 April 2024.

Kreasi wayang yang diberi nama SHM ini merupakan singkatan dari Sukaesih Harus Mandiri. Karena dia melakukannya sendiri untuk menghasilkan uang tambahan.

Esih menjelaskan, proses pembuatan wayang kulit jagung cukup sederhana, bahkan hanya membutuhkan waktu lima menit untuk membuat dua hingga tiga buah wayang.

Bahan yang digunakan berupa kulit jagung yang dikeringkan dan diwarnai selama satu hari, serta kain perca untuk aksesoris wayang.

Wayang SHM pilihan Esih dijual dalam dua ukuran, besar dan kecil. Harga untuk ukuran kecil Rp 5 ribu, untuk ukuran besar Rp 10 ribu.

“Jadi boneka SHM ini bisa dijadikan souvenir pernikahan atau bahkan untuk anak-anak, ada juga yang dijadikan aksesoris pensil,” ujarnya.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *