Angkat Budaya Jepang, Presiden KOI: Perkuat Hubungan Persahabatan

INDOPOS.CO.ID – Sejak pagi masyarakat memenuhi Gedung Innovation Convention Center (ICC), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Cibinong, Jawa Barat. Mereka antusias menyaksikan puluhan koleksi ikan koi peserta Festival KOI ke-16.

Saat memasuki gedung festival yang terbuka untuk umum, pengunjung akan disambut dengan beragam koleksi bonsai. Usai menyisir ruangan di dalam, pengunjung akan melihat puluhan koleksi ikan koi milik peserta Festival Ikan Koi ke-16.

“Ikannya gede banget, motifnya juga lucu-lucu,” kata pengunjung Festival KOI ke-16 kepada INDOPOS.CO.ID, Sabtu (27/4/2024).

Sementara di sudut lain, terlihat peserta Festival KOI ke-16 sedang mempersiapkan lapaknya agar terlihat rapi. Pasalnya, itu merupakan bagian dari penjurian acara terbesar KOI Show atau festival ke-16 yang bertemakan Koi Grandeur chapter ke-16.

Presiden KOI, Slamet Kurniawan mengatakan, festival KOI sudah digelar sebanyak 15 kali. Kegiatan ini lahir dari solidnya komunitas penggemar koi yang mengutamakan kebersamaan.

“Setelah selesainya KOI Show Festival ke-15 yang diselenggarakan sejak tahun 2006, KOI’S Festival akan kembali diselenggarakan pada tahun 2024,” ujarnya.

Ia mengatakan festival KOI akan digelar hingga besok, Minggu (28/4/2024). Pameran Bonsai dan Suiseki serta kompetisi ikan Koi juga turut meramaikan festival tersebut.

Juri lomba Ikan Koi ini dinilai oleh 15 juri yang berasal dari Jepang, China, Malaysia, dan Vietnam, jelasnya.

Dalam tema festival ini, menurutnya, komunitas koi Indonesia menonjolkan budaya Jepang guna menjalin persahabatan antara Indonesia dan Jepang. Apalagi, diakuinya ikan koi berasal dari negeri berjuluk matahari terbit.

Komunitas koi juga berkomitmen untuk menjaga budaya Indonesia sehingga dapat tercipta kolaborasi yang indah, ujarnya.

Ia berharap kedepannya komunitas Koi mendapat dukungan dan apresiasi serta menjadi wadah silaturahmi antar penghobi, peternak/peternak koi dan pedagang. Sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomi bagi para peternak koi.

“Proses yang kita semua jalani sebagai bagian dari kehidupan membangun karakter melalui peristiwa yang terjadi sebanyak 16 kali ini,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Duta Besar Jepang untuk Indonesia ADALAH Mr. Masaki Yasushi mengucapkan terima kasih telah diundang ke Festival Expo KOI ke-16. “Saya sangat senang acara Nishiki-GOI yang mewakili budaya Jepang bisa terus diadakan di Indonesia,” ujarnya.

Masaki mengaku pernah mengikuti Pameran Koi Indonesia-Jepang di Bogor pada Januari 2024. “Saya ingat saat itu Koi yang dipamerkan tidak hanya dari Jawa tapi juga dari Kalimantan dan Sumatera,” ujarnya.

“Saya sangat terkejut dan senang ikan koi disukai seluruh Indonesia,” imbuhnya. (Kita)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *