Resep terong balado pedas cocok untuk lauk makan di rumah

Resep terong balado pedas cocok untuk lauk makan di rumah

 

Terong sambal pedas, sumber @nanjing_corner

Bawangkampong.com – Assalamu’alaikum bunda? Kali ini saya akan berbagi resep masakan yang bisa bunda manfaatkan sebagai menu atau lauk makan di rumah. Resep terong balado yang ini cocok untuk bunda jadikan sebagai menu lauk bersama keluarga.

Terong balado pedas adalah masakan tradisional Indonesia yang terbuat dari terong (terong) yang dimasak dengan saus cabai pedas (balado). Ini adalah hidangan populer dalam masakan Sumatera Barat dan sering disajikan sebagai lauk atau hidangan utama dengan nasi putih.

Untuk membuat terong balado pedas, terong terlebih dahulu digoreng hingga garing di luar dan empuk di dalam. Sedangkan kuah pedas dibuat dengan cara memadukan cabai, bawang putih, bawang merah, dan bumbu lainnya.

Baca juga: Cara membuat resep sambal terong di tambah lagi dengan pete, membuat rasa makin nikmat.

Terong goreng kemudian dicampur dengan saus pedas, dan hidangan disajikan panas. Tingkat kepedasan hidangan dapat disesuaikan dengan selera pribadi dengan menambahkan lebih banyak atau lebih sedikit cabai.

Terong balado pedas adalah masakan yang enak dan beraroma yang dapat dinikmati oleh mereka yang menyukai makanan pedas. Ini juga merupakan hidangan sehat karena terong merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik.

Terong memang enak di masak apa saja, baik di goreng dan di lalap bersama sambal terasi. Apa lagi di buat sesuai dengan judul di atas ini, pasti sangat enak dan ketagihan.

Baca juga: Temukan rahasia dari beberapa resep bihun, dan cara membuatnya.

Ok! Tanpa kita perpanjang lagi, maka kita langsung melihat bahan dan cara pembuatan dari resep terong balado pedas yang satu ini ya bun.

Resep Terong Balado Pedas dan bikin ketagihan Oleh: @nanjing_corner⁣

⁣Sebelum bunda mulai membuat resep terong balado pedas satu ini, maka bunda terlebih dahulu harus menyiapkan semua bahan yang di perlukan seperti di bawah ini.

Bahan utama yang di perlukan untuk memasak terong balado pedas.

500gr terong⁣

3 daun jeruk, buang tulang tengah⁣

1 tomat, potong2 kecil⁣

100ml air⁣

Garam dan gula secukupnya⁣

Baca juga: Resep ayam woku dengan tambahan daun kemangi yang sangat lezat dan menggugah selera di rumah.

Bahan untuk bumbu, ulek kasar

10 cabai merah keriting⁣

6 bawang merah⁣

4 bawang putih⁣

1sdt terasi bubuk⁣

Cara merendam terong agar warna terong tetap cerah setelah di goreng⁣

1sdt garam⁣

1sdm cuka beras (pakai cuka yang biasa juga bisa, tapi harus dikurangi ya takarannya)⁣

Air secukupnya⁣

Baca juga: Cara mengolah udang sehingga menjadi menu lauk makan yang sangat enak di santap.

Cara terakhir untuk memasak terong balado pedas 

Cuci bersih terong, potong2, rendam 10 menit. Tujuannya supaya warna terong tetap bagus setelah digoreng. Angkat dan tiriskan.⁣

Goreng terong hingga matang, angkat dan sisihkan.⁣

Panaskan minyak di wajan, tumis bumbu sampai harum, masukkan tomat dan daun jeruk, tumis sampai tomat layu. Tambahkan air, garam dan gula, masak sampai agak mengental. Masukkan terong, aduk rata. Siap disajikan

Dengan cita rasa yang kaya dan pedasnya yang membuat lidah bergoyang, terong balado adalah hidangan yang pantas dicoba bagi pecinta makanan pedas. Nikmati hidangan ini dengan nasi putih hangat untuk pengalaman kuliner yang tak terlupakan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *