10 Resep berbuka puasa yang sangat enak dan menggugah selera

10 Resep berbuka puasa yang sangat enak dan menggugah selera

 

Resep berbuka puasa – Berbuka puasa adalah momen yang paling dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia setelah menahan diri dari makanan dan minuman sepanjang hari. Saatnya untuk mengisi perut yang kosong dengan makanan yang lezat dan menyehatkan.

Makanan yang biasanya disajikan saat berbuka puasa adalah makanan yang kaya akan nutrisi dan mengandung banyak energi untuk memulihkan tenaga yang hilang. Berikut ini adalah beberapa resep berbuka puasa yang mudah dan enak yang dapat kamu coba di rumah.

1. Kolak Pisang

10 Resep berbuka puasa yang sangat enak dan menggugah selera

Kolak Pisang adalah makanan tradisional Indonesia yang populer sebagai makanan penutup saat berbuka puasa. Kolak Pisang terbuat dari pisang yang diiris, direbus dengan santan, gula merah, dan daun pandan. Kolak Pisang biasanya dihidangkan dengan potongan nangka atau kelapa parut sebagai topping. Selain enak, kolak pisang juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

2. Es campur

Es Campur adalah minuman segar yang sangat populer di Indonesia, terutama saat bulan Ramadan. Es Campur biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka saat berbuka puasa atau sebagai hidangan penutup setelah makan malam. Minuman ini terdiri dari campuran buah-buahan segar yang dipotong kecil-kecil, nata de coco, jeli, dan es serut yang disiram dengan sirup gula merah atau sirup berbagai rasa.

Baca juga : Cobain resep jajanan kekinian yang satu ini es krim pop Ice, enaknya ketagihan.

3. Kolak durian 

Kolak durian adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang sangat populer, terutama saat bulan Ramadan. Kolak durian terdiri dari potongan buah durian yang dimasak dengan santan dan gula merah, kemudian disajikan dengan ketan atau pisang. Hidangan ini sangat cocok disajikan sebagai hidangan penutup saat berbuka puasa atau sebagai camilan lezat kapan saja.

4. Es buah

Es buah adalah minuman segar yang terdiri dari potongan-potongan buah yang dicampur dengan es serut dan sirup. Es buah sangat populer di Indonesia, terutama saat musim panas atau saat acara-acara tertentu seperti pesta ulang tahun atau arisan. Apa lagi es buah ini di santap sebagai menu berbuka puasa, pasti sangat nikmat. Es buah biasanya terdiri dari buah-buahan segar seperti mangga, melon, jeruk, kelapa muda, dan lain sebagainya.

5. Es kelapa muda

Es kelapa muda adalah minuman segar yang terbuat dari air kelapa muda dan es batu. Minuman ini sangat populer di Indonesia, terutama di daerah-daerah yang memiliki banyak kelapa muda. Es kelapa muda biasanya disajikan sebagai minuman penyegar pada hari-hari yang panas atau sebagai hidangan penutup setelah makan.

Baca juga : Temukan resep favorit bunda di 12 resep masakan andalan.

6. Bakwan goreng

Bakwan goreng adalah salah satu jenis makanan ringan atau camilan yang sangat populer di Indonesia. Bakwan goreng terbuat dari campuran tepung terigu, sayuran, dan bumbu-bumbu yang kemudian digoreng dalam minyak panas hingga matang. Bakwan goreng biasanya disajikan dengan saus sambal atau kecap manis sebagai pelengkap.

7. Ayam bakar

Ayam bakar adalah masakan Indonesia yang secara harfiah berarti “ayam bakar”. Ini adalah hidangan populer di Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya, dan sering disajikan dengan nasi, sayuran, dan sambal (pasta cabai pedas).

Untuk membuat ayam bakar, ayam utuh direndam dalam campuran bumbu dan bumbu, seperti bawang putih, jahe, kunyit, ketumbar, dan kecap, selama beberapa jam atau semalaman. Ayam kemudian dipanggang di atas arang atau dipanggang dalam oven sampai matang dan memiliki kulit yang garing dan gosong.

Ada banyak variasi ayam bakar, dan resepnya bisa disesuaikan dengan selera dan preferensi pribadi.

8. Mie Aceh

Mie Aceh adalah jenis hidangan mie yang berasal dari Aceh, sebuah provinsi di Indonesia. Hidangan ini biasanya dibuat dengan mie gandum kental, yang dimasak dan kemudian dicampur dengan saus beraroma yang terbuat dari campuran rempah-rempah, termasuk kunyit, bawang putih, jahe, dan cabai. Kuahnya biasanya cukup pedas, karena sering mengandung banyak sambal terasi atau cabai segar.

Baca juga : 6 Resep jajanan kekinian yang unik dan gak kalah enaknya dengan yang ada pada artikel ini.

Mie Aceh bisa disajikan dengan berbagai topping, seperti daging sapi atau ayam, makanan laut, sayuran, dan telur rebus. Beberapa versi hidangan mungkin juga menyertakan bawang goreng atau kacang tanah untuk menambah tekstur dan rasa.

9. Pecel sayur

Pecel sayur adalah masakan khas Indonesia yang terdiri dari campuran sayuran rebus, seperti bayam, tauge, dan kol, disajikan dengan bumbu kacang yang pedas. Sausnya biasanya dibuat dengan kacang tanah, cabai, bawang putih, bawang merah, air asam jawa, dan kecap manis. Pecel sayur sering disajikan dengan nasi dan diberi taburan bawang merah goreng dan kerupuk udang. Ini adalah hidangan populer di Indonesia, khususnya di Jawa dan Bali, dan sering dinikmati sebagai makanan sederhana dan sehat.

10. Bubur ayam

Bubur Ayam adalah masakan Indonesia populer yang terdiri dari bubur nasi (bubur) dan ayam suwir (ayam) yang dimasak dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah. Biasanya disajikan dengan topping seperti bawang merah goreng, daun bawang iris, ketumbar cincang, kedelai goreng renyah, dan berbagai bumbu gurih seperti kecap, kecap manis, sambal, dan air jeruk nipis.

Bubur Ayam biasanya dimakan sebagai sarapan atau makan siang, dan dikenal hangat, nyaman, dan mengenyangkan. Itu juga sering dijual oleh pedagang kaki lima dan di food court di seluruh Indonesia.

Resep Bubur Ayam bisa berbeda-beda tergantung daerahnya, namun biasanya nasi dimasak dengan kaldu ayam bersama jahe, bawang putih, dan bumbu aromatik lainnya, lalu ayam suwir ditambahkan ke dalam bubur. Hidangan tersebut kemudian dibumbui dengan berbagai bumbu dan disajikan dengan topping dan bumbu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *