Tips Mendapatkan Modal Usaha bagi kamu yang ingin menjalankan suatu bisnis wajib baca ini

Tips Mendapatkan Modal Usaha bagi kamu yang ingin menjalankan suatu bisnis wajib baca ini
Tips Mendapatkan Modal Usaha bagi kamu yang ingin menjalankan suatu bisnis wajib baca ini
Sumber foto : media sosial, foto sebagai ilustrasi.

  Bawangkampong.com – Memulai bisnis adalah sesuatu yang menarik, namun membutuhkan usaha dan modal. Bagaimanapun, banyak cara untuk mendapatkan modal usaha yang dibutuhkan untuk memulai atau mengembangkan bisnis Anda. Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa tips penting untuk mendapatkan modal usaha bagi pengusaha baru atau pun yang sudah berpengalaman.

Sebelum kita ke tema yang akan kita bahas mengenai cara mendapatkan modal usaha, ada baiknya kita juga harus tahu tentang risiko sebuah bisnis yang akan kita hadapi. Di bawah ini adalah 5 contoh risiko yang harus kamu hadapi di dalam sebuah bisnis.

1. Risiko Keuangan: Bisnis baru memerlukan modal dan dapat mengalami kerugian sebelum menghasilkan keuntungan. Risiko ini dapat mencakup investasi yang hilang, hutang yang tidak terbayar, dan biaya operasi yang tinggi.

2. Risiko Pasar: Banyak bisnis baru yang gagal karena kurangnya permintaan pasar atau pesaing yang kuat. Risiko ini dapat mencakup masalah dengan penetrasi pasar, harga produk yang kurang kompetitif, dan masalah dengan distribusi.

Baca juga : Contoh bisnis yang wajib kamu coba di tahun ini, siapa tahu kamu bisa sukses dengan salah satu bisnis yang saya berikan.

3. Risiko Teknis: Risiko ini terkait dengan masalah teknis seperti masalah dengan produk atau layanan, masalah dengan teknologi, atau masalah dengan pemasaran.

4. Risiko Regulatori: Bisnis baru sering terpapar risiko hukum dan regulasi, seperti peraturan perpajakan, peraturan tenaga kerja, dan peraturan lingkungan.

5. Risiko Keamanan: Risiko ini terkait dengan masalah keamanan seperti peretasan, virus, dan masalah dengan backup data.

Sebagai pemilik bisnis baru, penting untuk mempertimbangkan semua risiko ini dan mempersiapkan strategi untuk mengatasi mereka. Ini bisa melibatkan diversifikasi produk atau layanan, menciptakan aliansi strategis, dan mencari dukungan finansial yang kuat.

7 cara atau tips untuk kamu mendapatkan modal usaha

Semua cara di bawah ini sebenarnya sangat ampuh agar kamu mendapatkan modal usaha yang akan kamu tekuni, tinggal kamu saja yang harus lebih kerja keras agar kamu bisa mendapatkan modal usaha tersebut.

Ok! Kita langsung saja melihat, 7 cara apa saja untuk mendapatkan modal usaha agar usaha kamu bisa berkembang dan sukses, simak semua tulisan ini sampai habis ya.

1. Mencari investor

Saat kamu mencari investor untuk proyek bisnis atau startup yang sedang Anda jalankan, tentu saja haruslah orang yang tepat. Ada banyak cara dan strategi berbeda yang dapat Anda lakukan untuk mencari investor terbaik yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

Kamu juga bisa berkunjung di forum online para investor, di sana kamu bisa menjelaskan strategi dan sistem kerja sama agar mereka bisa lebih paham dengan bisnis yang kamu jalankan.

2. Memanfaatkan bantuan atau program dari pemerintah.

Pemerintah juga sudah sangat membantu para UMKM yang kesulitan dalam mendapatkan modal usaha. Banyak program pemerintah untuk para UMKM, khususnya di pengadaan modal usaha baik itu alat, bahan dan berupa uang tunai. Kamu harus memanfaatkan peluang dari pemerintah. 

Selama masa pandemi, banyak orang yang mengalami kesulitan ekonomi. Untuk membantu meringankan beban mereka, pemerintah telah menyediakan berbagai bentuk bantuan dan program yang tersedia bagi rakyatnya.

3. Pinjaman dari bank, namun tidak begitu saya sarankan

Pinjaman dari bank bisa menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda. Namun, sebelum memutuskan untuk meminjam uang, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu.

  • Apakah kamu siap dengan bunga yang di tetapkan oleh bank
  • Pinjaman modal dari bank juga termasuk riba
  • Sebaiknya usaha kamu sudah mulai berjalan
  • Laba dari usaha sudah melebihi untuk menutupi tagihan bank

Apa bila 4 dari kriteria di atas belum bisa terpenuhi, maka sebaiknya kamu jangan dulu mengajukan pinjaman ke bank, kamu bisa mendapatkan modal usaha dengan cara lain.

4. Mencari rekan bisnis.

Mencari rekan untuk berbisnis juga bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin mendapatkan modal usaha untuk kemajuan bisnis kamu. Selain itu rekan bisnis juga media saling tukar pikiran agar suatu bisnis cepat berkembang.

Dengan memiliki rekan bisnis setidaknya modal yang kamu perlukan bisa lebih ringan karena kamu tidak sendiri dalam memenuhi permintaan modal untuk usaha kamu. Kamu bisa memulai mencari rekan bisnis kamu dari kalangan teman kamu sendiri, atau saudara kamu.

5. Memanfaatkan tabungan pribadi.

Manfaatkan terlebih dahulu tabungan pribadi kamu sebagai modal usaha. Kamu bisa manfaatkan berapa saja uang tabungan yang kamu miliki sebagai modal usaha kamu dalam menjalankan bisnis.

Namun bila kamu tidak memiliki sedikit pun tabungan, maka kamu bisa mencari solusi yang lainnya untuk mendapatkan modal usaha, kamu bisa memilih dari 7 cara mendapatkan modal usaha yang ada pada artikel ini.

6. Pinjaman dari keluarga.

Pinjaman dari keluarga juga menjadi solusi bagi kamu yang ingin memulai suatu bisnis atau usaha namun terkendala dengan modal.

Kamu bisa ceritakan planing atau rencana usaha yang akan kamu geluti kepada keluarga dengan lebih menditail. Jelaskan apa saja yang kamu butuhkan dan modal yang kamu perlukan, jangan lupa bahwa kamu harus mengembalikan modal dengan tepat waktu apabila kamu berhasil mendapatkan modal dari keluarga kamu.

Baca juga : Ingin memulai bisnis kuliner? baca ini agar kamu bisa sukses.

Kamu juga bisa mengiming-iming sedikit fee kepada keluarga kamu bila usaha yang kamu jalankan nantinya bisa maju.

7. Menjual atau menggadaikan aset.

Tips mendapatkan modal usaha yang terakhir ini adalah solusi bagi kamu yang sudah mentok atau pusing dalam mencari modal.

Kamu bisa menjual atau menggadaikan barang/aset yang kamu miliki demi kebutuhan modal sebuah usaha. Di bawah ini adalah beberapa contoh barang atau aset yang bisa kamu jual atau kamu gadaikan demi memenuhi kebutuhan modal yang kamu perlukan.

  1. Motor
  2. Mobil
  3. Emas
  4. Handphone
  5. Perabotan rumah
  6. Rumah
  7. lahan tanah dan lainnya.

Semoga dengan 7 cara mendapatkan modal usaha yang telah saya bagikan tadi di atas bisa menjadi solusi untuk kawan di rumah, dan bisa segera memulai bisnisnya dengan lancar.

Oh iya, dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha sobat harus memiliki juga tingkat kesabaran yang tinggi. Ya, memulai sebuah bisnis memang membutuhkan tingkat kesabaran yang besar. Ini karena proses memulai dan mengembangkan bisnis seringkali memakan waktu dan memerlukan banyak usaha dan kesabaran. Bisnis baru sering mengalami masalah dan hambatan, dan butuh waktu untuk mengatasi dan mengatasi masalah tersebut. Pemilik bisnis baru juga harus sabar menunggu hasil dan memahami bahwa keberhasilan bisnis memerlukan waktu.

Menjalankan bisnis juga memerlukan tingkat kesabaran dan kedisiplinan yang tinggi dalam mengelola keuangan, membuat keputusan bisnis, dan memimpin tim. Karena itu, memiliki tingkat kesabaran yang besar sangat penting bagi setiap pemilik bisnis yang ingin sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *