Tips menyimpan sayuran, daging , dan ikan di dalam kulkas agar bertahan lebih lama.

Tips menyimpan  sayuran, daging , dan ikan di dalam kulkas agar bertahan lebih lama.

Bawangkampong.com – Mungkin dari sekian banyak bunda masih belum tahu bagaimana cara menyimpan bahan pokok di dalam kulkas agar bertahan lebih lama.

Setiap kali bunda membelanjakan bahan untuk memasak pasti ada yang lebih dan di simpan ke dalam mesin pendingin atau kulkas agar bisa di pakai untuk keesokan harinya.

Mungkin bunda sudah tahu cara menyimpan daging di kulkas agar bertahan lebih lama, namun bagaimana dengan barang yang lainnya?

Di sini saya akan berbagi bagaimana menyimpan bahan pokok di kulkas agar bertahan lebih lama dan bertahan hingga berbulan-bulan.

Simak terus semua tulisan ini sampai habis, agar bunda yang membacanya bisa tahu dan bertambah ilmu lagi.

Cara menyimpan sayuran, daging , buah dan lainnya di dalam kulkas agar bertahan lebih lama.

Untuk menyimpan barang belanjaan kita di kulkas agar bertahan lebih lama ternyata tidak sama semuanya. setiap bahan yang kita simpan pada lemari es itu berbeda-beda caranya.

Bunda bisa simak cara menyimpan barang belanjaan dari pasar agar bisa bertahan lebih lama untuk di pakai pada hari-hari selanjutnya.

1. Tips menyimpan singkong di kulkas agar bisa bertahan lebih lama saat di gunakan.

Tips menyimpan  sayuran, daging , dan ikan di dalam kulkas agar bertahan lebih lama.
Ternyata singkong juga ada cara menyimpan yang benar.

Singkong sangat mudah sekali masuk angin sehingga menyebabkan singkong menjadi busuk secara perlahan.

Cara menyimpan singkong agar bertahan lebih lama dan bisa di gunakan untuk hari pada saat bunda ingin membuat kue atau jenis makanan lainnya yaitu dengan cara mengupas terlebih dahulu singkong yang telah bunda beli dari pasar.

Kemudian singkong harus di cuci dengan bersih sehingga tidak ada lagi bekas tanah yang masih melekat pada singkong.

BACA JUGA: Cara melihat nomor Telkomsel sendiri tanpa pulsa.

Sediakan wadah untuk menaruh singkong yang telah di bersihkan tadi, lalu isikan air bersih sampai menutup seluruh permukaan singkong, sehingga air harus lebih banyak dari singkong yang ada pada wadah tersebut.

Kemudian wadah harus di tutup rapat sampai kedap udara, agar singkong tadi bisa bertahan lebih lama dan singkong siap di simpan ke dalam kulkas yang telah di tutup rapat tadi.

Setiap dua hari sekali, air pada wadah harus di ganti dengan yang baru agar tidak terjadi bau dan perubahan warna pada air tersebut.

Bila bunda ingin singkong yang bunda simpan bisa bertahan sangat lama, maka bunda mengukus singkong hingga matang dan lalu di simpan ke dalam kulkas.

Singkong yang telah di kukus dan di simpan ke lemari pendingin lebih bisa bertahan lama dari singkong yang cuma di rendam dengan air saja.

Bunda bisa mengambil singkong yang bunda simpan pada kulkas untuk di olah menjadi makanan.

Itulah  Tips menyimpan singkong di kulkas, semoga bisa membantu bunda di rumah yang kesulitan menyimpan singkong.

2. Cara menyimpan ikan di kulkas agar tidak bau dan tetap segar.

Cara menyimpan ikan agar bisa bertahan dan tidak bau busuk.

Ikan, udang, cumi-cumi adalah sesuatu yang sangat mudah bau dan cepat sekali busuk. Bila bunda ingin ikan yang bunda beli di pasar agar tetap segar, maka bunda bisa menyimpannya di freezer kulkas.

Sebelum memasukkan ikan, ada baiknya terlebih dahulu ikan di bersihkan atau di potong sekalian agar pada saat ingin memasak tidak perlu lagi di potong.

Setelah ikan di bersihkan dan juga telah di potong, maka beri perasan air jeruk nipis pada ikan sampai semuanya terkena.

Dan ikan siap di masukkan pada freezer kulkas, biarkan saja ikan membeku.

Pada saat bunda ingin mengolah atau memasak ikan, bunda bisa keluarkan ikan yang ada di dalam kulkas, rendam ikan dengan air bersih agar ikan yang membeku dapat mencair kembali, dan ikan siap di masak.

3. Tips menyimpan tauge dan buncis di kulkas.

Menyimpan tauge dan buncis dengan cara di rendam menggunakan air lalu di masukkan ke kulkas

Pasti bunda di rumah belum tahu cara menyimpan tauge dan buncis agar bisa bertahan?

Tauge dan buncis merupakan jenis sayuran yang sangat mudah busuk, apalagi tauge dan buncis sangat rentan sekali terkena cahaya mata hari, maka akan dengan mudah menjadi busuk.

BACA JUGA: Tips sebelum memasak kangkung, hati-hati.

Maka saya berbagi pada artikel ini secara lengkap cara-cara menyimpan bahan pokok ke dalam kulkas hingga bertahan beberapa hari dan bahkan berbulan-bulan.

Untuk menyimpan tauge dan buncis agar bisa bertahan maka bunda bisa ikuti yang saya jelaskan di sini.

Yang pertama bunda harus mengambil tempat wadah sebagai menaruh tauge dan buncis, lalu isikan dengan air hingga tauge dan buncis tenggelam. Setelah itu buncis dan tauge bisa di simpan ke dalam kulkas.

4. Cara menyimpan daun bawang atau daun prei

Simpan daun bawang dengan benar di dalam kulkas agar tidak mudah busuk dan bau.

Daun bawang yang busuk sangat bau sekali pada penciuman, maka sebaiknya bunda harus benar-benar teliti untuk menyimpan daun bawang atau sering di sebut dengan daun prei.

Daun bawang/prei biasa kita hanya menggunakan sedikit saja pada masakan, dan selebihnya di simpan atau di buang.

Untuk bunda yang sering kali membuang daun bawang bila kelebihan saat memasak maka coba mulai sekarang jangan di biasakan untuk membuangnya, kan sayang walau hanya sedikit namun kita bisa menggunakan di lain hari.

Cara menyimpan daun bawang yaitu dengan membersihkan terlebih dahulu daun yang kotor, bersihkan di sela-sela daun.

BACA JUGA: Cara menyimpan rempah-rempah dapur agar bisa bertahan lebih lama.

Setelah itu daun bawang harus di tiriskan hingga kering agar tidak mudah membusuk. Lalu masukkan ke wadah yang telah di alasi dengan tisu dan tutup. Daun bawang bisa langsung di simpan pada lemari pendingin.

Apabila bunda capek habis pulang dari pasar dan bunda malas untuk mencucinya, maka bisa juga dengan cara membungkus langsung daun bawang menggunakan kain seperti kain jilbab paris, bunda bisa memakai jilbab paris yang memang tidak bunda pakai lagi.

Setelah itu daun bawang yang telah di bungkus tadi bisa langsung di simpan ke dalam kulkas.

5. Tips menyimpan daging di kulkas.

Cara menyimpan daging ayan di lemari es.

Bila bunda membeli ayam di pasar dan memiliki lebih saat memasaknya, namun bunda tidak tahu cara menyimpan daging ayam tersebut, bunda bisa baca tulisan ini agar untuk ke depannya bunda tidak bingung lagi.

Sebelum ayam akan di simpan pada kulkas, maka lebih baik daging ayam di pisahkan dengan teratur agar pada saat ingin memasaknya bunda tidak kewalahan saat mengambil.

Pisahkan daging ayam tersebut sesuai dengan potongannya, tempatkan paha ayam bersama dengan paha, sayap bersamaan dengan sayap, usahakan jangan bercampur agar mudah saat akan di masak nanti.

Setelah itu daging ayam yang telah di pisah bisa langsung di simpan di freezer kulkas.

6. Cara menyimpan bumbu dapur seperti cabai.

Cara menyimpan cabai di kulkas agar tidak busuk dan harus beli setiap ingin memasak.

Cabai adalah salah satu bahan bumbu masak yang wajib ada di setiap dapur rumah, tanpa menggunakan cabai maka makanan akan terasa sangat kurang dan hambar sekali.

Walau seseorang tidak menyukai pedas, namun setidaknya orang tersebut pasti menggunakan cabai walau hanya setangkai saja.

Seseorang yang membeli cabai sudah pasti tidak membeli untuk sekali pakai saja, tetapi ia akan membeli lebih walau hanya sedikit.

Untuk menyimpan cabai agar bisa bertahan dan bisa di gunakan untuk memasak di hari berikutnya, maka kita harus menyimpai cabai dengan benar agar setiap kali ingin menggunakan cabai bisa tersedia setiap saat.

Cara menyimpan cabai di kulkas sangat gampang, bunda bisa baca terus tulisan ini agar bunda bisa tahu.

BACA JUGA: Cara menghilangkan karang pada gigi hanya dengan bahan alami.

Yang pertama bunda lakukan bila ingin menyimpan cabai ke dalam kulkas adalah memisahkan antara cabai yang masih bagus dengan cabai yang sudah busuk.

Cabai juga tidak perlu di cuci. Letakkan cabai pada wadah yang telah di alasi dengan dua lembar tisu, lalu taruh dua sing bawang putih di atasnya yang telah di kupas, dan tutup hingga rapat.

Cabai bisa langsung di simpan pada kulkas.

Itulah tadi 6 tips menyimpan sayuran, daging, dan ikan agar bertahan lebih lama.

Semoga tips menyimpan bahan pokok agar tahan lebih lama ini bisa bermanfaat bagi bunda di rumah, terutama yang membaca artikel saya ini, bila bunda menganggap tulisan ini bermanfaat, maka bunda bisa membagikannya ke yang lain.

Cara membagikannya sangat mudah loh bun, bunda bisa klik tombol sosial media yang ada di bawah ini, bunda bisa memilih sosial media mana yang menjadi favorit bunda, terima kasih ya bunda karena karena telah sedia mampir dan membaca tips yang saya bagikan ini.

Ikuti terus web ini agar bunda tidak ke tinggalan tips berikutnya dan juga resep yang enak-enak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *